Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” —Ir. Soekarno


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74, keluarga Santa Ursula Jakarta mengadakan upacara pada tanggal 17 Agustus 2019. Petugas upacara adalah siswa-siswa SMP Santa Ursula. Upacara dilaksanakan di lapangan parkir SMP/SMA Santa Ursula dan dimulai pada pukul 07.15. Setelah upacara selesai, sekitar pukul 8.10, para siswa diperbolehkan untuk langsung pulang. 
Perayaan HUT RI ke-74 tentu saja tidak lengkap jika hanya melaksanakan upacara. Maka dari itu, pada tanggal 16 Agustus 2019, keluarga SMA Santa Ursula juga memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan melakukan berbagai macam lomba yang diadakan oleh Seksi Olahraga BP OSIS SMA Santa Ursula Jakarta. Kegiatan ini merupakan lomba antarkelas dan antarangkatan. 
Kegiatan lomba dimulai dengan lomba Estafet Sarung. Lomba ini diikuti oleh perwakilan 10 siswa dari setiap kelas. Setiap peserta dalam satu kelompok harus bergandengan tangan dan tidak boleh melepaskan gandengan tersebut selama permainan berlangsung. Tugas mereka adalah mengoper sarung dari siswa yang satu ke yang lain.
Selanjutnya adalah Relay Mix. Sama seperti Estafet Sarung, setiap kelas akan mengirimkan 10 perwakilan dari setiap kelas dan peserta akan dibagi menjadi 2 kelompok. Lima siswa akan memindahkan bola ping pong menggunakan sumpit dan 5 peserta lainnya bertugas untuk memasukkan benang ke dalam jarum.
Lomba ketiga adalah Superman Sarung. Lomba ini juga diikuti oleh perwakilan 10 siswa dari setiap kelas. Misi peserta adalah untuk mengambil botol bekas yang terletak dalam arena oleh 1 siswa yang diangkat dengan menggunakan sarung oleh 6 siswa. Tiga siswa lainnya akan bergilir untuk mengambil botol bekas. Pemenang ditentukan berdasarkan kelompok yang berhasil mengambil seluruh botol bekas dari arena dengan waktu tercepat.
Setelah lomba superman sarung berakhir, suster, guru, staff, karyawan, dan siswa dipersilakan untuk menikmati take and give. Take and give adalah kegiatan menikmati berbagai makanan khas indonesia yang telah dipersiapkan masing-masing kelas. 
Kegiatan terakhir adalah Cerdas Cermat Nusantara. Games ini merupakan permainan kerjasama dengan Sanur FM. Setiap kelas akan mengirimkan 3 perwakilan yang akan menjawab pertanyaan seputar Nusantara. Pemenang ditentukan berdasarkan banyaknya skor yang diperoleh saat berhasil menjawab pertanyaan.
Seluruh rangkaian kegiatan upacara dan perlombaan dilaksanakan dengan tujuan menumbuhkan semangat kemerdekaan pada para siswi SMA Santa Ursula serta mempererat hubungan antarkelas dan antarangkatan.
Salam kemerdekaan! Salam Serviam!







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *